Thursday, July 25, 2019

Cara Submit Blog di Yandex Search Engine

Cara Submit Blog di Yandex

Yandex adalah salah satu mesin pencarian (search engine) dan paling populer digunakan di Rusia. Bahkan di negeri adidaya ini, Yandex lebih banyak digunakan dan mengungguli Google dengan presentase lebih dari 70% pengguna. Di dunia, Yandex menempati posisi ke empat dalam penggunaan search engine setelah Google, Bing dan Yahoo. Dan sekarang ada search engine lain yang juga banyak digunakan oleh pengguna dunia internet yaitu Baidu.
Tidak ada salahnya jika kita para blogger untuk men-submit blog agar terindeks oleh search engine Rusia ini. Apalagi jika kita memasang target pengunjung dari Rusia. Maka tentu submit Blog di Yandex sangat penting untuk menemukan visitor yang berkunjung di blog yang dikelola.

Baca: Cara Submit Blog pada Google Webmasters

Cara Submit Blog di Yandex

1. Masuk ke Yandex Webmaster Tools Add Site di sini https://webmaster.yandex.com/sites/add/
Kita bisa login Yandex dengan menggunakan Google ataupun facebook


2. Klik Add untuk menambahkan Site Address yang akan kita submit pada Yandex



3. Masukan alamat URL blog yang akan kita submit pada kolom yang tersedia. 
Contoh: https://portalinformasibaru.blogspot.com kemudian Klik Add



4. Setelah kita Add URL blog, maka Yandex akan meminta kita untuk melakukan verifikasi kepemilikan. Kita dapat melakukan verifikasi dengan memasang Meta Tag. Copy Meta Tag yang ada.



5. Pasang Meta Tag Yandex pada HTML blog. Masuk dashboard Blog dan Klik Menu Tema dan pilih Edit HTML


6. Pastekan kode Meta Tag pada template blog di bawah kode <head>. Tekan Ctrl + F kemudian ketikan <head> dan Enter untuk mempercepat pencarian. Jika tidak ada kode ini, Pastekan di bawah kode [ meta tag SEO ] atau jenis lain yang berhubungan dengan Meta Tag. Kemudian Simpan Tema.


7. Kembali ke dashboard Yandex pada Meta Tag tadi, kemudian klik Cek untuk melakukan verifikasi.


8. Sampai disini kita telah berhasil mendaftarkan Site kita pada Yandex. Langkah selanjutnya adalah submit sitemap pada menu Sitemap Files. Isikan kolom dengan URL blog/sitemap.xml.
Contoh: https://portalinformasibaru.blogspot.com/sitemap.xml kemudian klik Add.


9. Maka Yandex akan memproses submit Sitemap untuk dapat ditampilkan pada Yandex search Engine. Kita tinggal menunggu proses pengindeksan Yandex dengan tetap mengupdate postingan pada blog.

10. Proses selesai


Baca: Cara Submit Blog di Webmaster Naver

Kesimpulan:

Dengan melakukan submit sitemap pada Yandex Webmaster Tolls Add Site ini, maka artikel blog yang kita kelola dapat kita cari dengan menggunakan mesin pencari Yandex. Hal ini tentu akan menambah traffik kunjungan blog, apalagi jika kita menyasar pasar di Negeri Rusia. Hal ini menjadi sangat penting untuk kita lakukan.
Demikian pembahasan tentang Cara Submit Blog di Yandex Search Engine agar artikel atau blog yang kita kelola dapat ditemukan dengan menggunakan mesin pencarian Yandex. Untuk tambahan, pertanyaan ataupun sebagainya, dapat kita diskusikan pada kolom komentar yang tersedia di bawah. Atau bisa juga menghubungi admin Portal Informasi Baru dengan menggunakan kontak us yang tersedia. Semoga bermanfaat. Salam..

Load comments