Wednesday, August 9, 2017

Cara Membuat Layanan Contact Us di Blog

Cara Membuat Contact Us -
Contact Us merupakan halaman yang disediakan oleh pemilik blog untuk bisa berkomunikasi secara privasi kepada pengunjung blog. Pengunjung blog bisa mengirimkan pesan pribadi dan tidak diketahui oleh pihak lain kepada pemilik blog. Isi komunikasi bisa mengenai hal-hal yang ingin diketahui, perbincangan kerjasama, bisnis atau semacamnya. Form kontak us ini bermacam-macam sebutannya. Ada yang menyebutnya dengan kontak kami, hubungi kami, kontak saya, kotak saran dan sebagainya. Kamu bisa melihat contact us di blog Serba Serbi komputer di Hubungi kami.
Keuntungan yang didapat dengan menggunakan form ini adalah:


  • Pengunjung blog dapat menyampaikan kerjasama atau hal lain semacamnya. Misalnya tawaran untuk mereview sebuah produk (ketika blog kamu berisi review), mendesain web atau desain logo (blog yang berisi desain web dan logo) dan sebagainya.
  • Pengunjung blog dapat menyampaikan pertanyaan dengan topik dari salah satu artikel di blog. Ketika pengunjung merasa puas dengan blog yang kamu miliki, maka pengunjung akan lebih sering untuk berkunjung ke blog kamu.
  • Pengunjung blog dapat memberikan kritik dan saran yang secara tidak lansung akan membuat kamu berupaya mengembangkan blog agar lebih baik dan menjaga kenyamanan pengunjung.
  • Layanan kontak ini katanya juga menjadi salah satu yang harus ada di blog ketika ingin di setujui oleh Google AdSense.

Ada sedikit kekurangan dengan menggunakan form ini. Salah satunya adalah penyalahgunaan oleh pengunjung yang kadang iseng mengirim pesan tak penting dan tidak jelas. Tergantung dari diri kamu dalam menyikapinya.

Baca: Cara Membuat Laman Disclaimer Blog

Cara Membuat Layanan Contact Us di Blog

Cara membuat layanan Contact Us tersedia dalam banyak cara. Ketika kamu menguasai script HTML, kamu bisa membuat dan mendesainnya. Kamu juga bisa menggunakan layanan gratis di internet atau menggunakan widget gratis dari blogspot.
Pada kesempatan kali ini kita akan membuat form contact us dengan menggunakan layanan Contact Us dari 123ContactForm. Kita mulai saja membuatnya.
  • Silahkan masuk ke Website ini 123ContactForm
  • Buatlah akun pada Website tersebut dengan mengklik tombol SIGN UP FOR FREE
  • Pilih pendaftaran gratis yaitu BASIC disebelah kiri dan klik SIGN UP
  • Isi formulir pendaftaran, lalu klik Create Account. 
  • Selanjutnya, kamu diminta untuk memilih layanan apa yang akan digunakan. 123ContactForm memberi banyak layanan, namun karena kita ingin membuat contact form, maka pilih Contact Form disebelah kiri.

  • Setelah memilih Contact Form, kamu akan diminta untuk membuat nama dari halaman kontak yang dibuat, seperti : Contact Us atau Contact Form.
  • Silahkan kamu edit contact form dengan menggunakan tools yang ada di sebelah kiri. Kamu bisa menambahkan atau menghapus field. Jika selesai mengedit, klik CONTINUE untuk menuju ke langkah selanjutnya.

  • Kemudian kamu akan diminta untuk menotifikasi email jika ada yang menggunakan form. Jika sudah melakukan perubahan, klik SAVE lalu Continue.  
  • Copas code scirpt HTML contact form nya, klik pilihan Blogger yang ada di sebelah kiri, lalu copy code script HTML tersebut kedalam blog.

  • Untuk menaruhnya didalam blog, buat laman baru. Caranya, masuk ke dasbor blog, lalu pilih Laman. Buat Laman Baru dan pilih mode HTML. Paste script di atas dan jangan lupa untuk memberi judul misal Hubungi Kami, Hubungi Saya, dan sebagainya.



Dengan demikian, kamu sekarang sudah memiliki kontak form yang berguna bagi pengunjung blog untuk menghubungimu secara pribadi. Jika ada pertanyaan, kita bisa mendiskusikannya pada komentar di bawah.


Terimakasih, semoga bermanfaat.

Load comments