Tuesday, September 25, 2018

Cara Daftar dan Memasang Iklan Google Adsanse pada Blogspot



Daftar Google Adsanse -
Selain menyalurkan kesenangan dan hobi, ternyata ngeblog juga dapat dipergunakan untuk mencari keuntungan finansial lho. Salah satu cara terpopulernya adalah dengan menjadi mitra Google Adsanse. Hal ini tidak mudah, tetapi apa salahnya jika kita mencoba dan berusaha.
Lantas pertanyaannya adalah: Bagaimana cara mendaftar google adsanse di blog? Bagaimana cara memasang iklan Adsanse nantinya di blog?


Untuk menjawab kedua pertanyaan di atas, maka berikut akan kami sajikan Cara Daftar dan Memasang Iklan Google Adsanse pada Blogspot secara tidak terpisah. Mudah kok, ikuti langkah-langkah berikut ya. Mari kita belajar bersama.

Cara mendaftarkan Blog pada Google Adsanse

Oh iya, keuntungan bagi para Blogger adalah bahwa Google dan Blogspot merupakan perusahaan yang sama di bawah naungan Alphabet Inc induk dari perusahaan Google.Sehingga ada kemudahan dan fasilitas khusus kepada blogspot yang didaftarkan Google Adsanse. Salah satunya adalah mendapatkan akun walaupun sifatnya hosted.



Bagi pengguna domain blogspot, caranya sangat mudah. Login ke dashboard dan lihatlah bilah menu di sebelah kiri. Pilih menu Penghasilan maka tampilannya akan menjadi seperti berikut:


Kemudian klik tombol Daftar ke Adsanse maka akan ada laman untuk login. Pilih akun gmail yang akan didaftarkan dan isikan password. Tetapi jika kita sudah login maka akan diarahkan ke pendaftaran Google Adsanse.
Tampilan yang disajikan seperti di bawah ini:


Pada tampilan di atas, terdapat data akun dan blogspot yang kita daftarkan pada Google Adsanse. Pada tampilan di bawahnya lagi, kita diberi pilihan untuk mendapatkan email informasi dari Adsanse atau tidak. Saya menyarankan Ya, karena akan sangat membantu dalam pengembangan selanjutnya.

Baca: Cara Cepat Full Approved Google Adsanse Bagi Blog yang Masih Ditinjau

Langkah selanjutnya adalah memilih negara tempat kita berada. Isikan Indonesia, maka peraturan online di bawahnya akan berubah menjadi bahasa Indonesia. Peraturan itu berisi tentang aturan mengikat agar bisa menjalin kerjasama dengan Google Adsanse.
Beri ceklist pada 'Yes, I have read and accept the agreement' di bagian bawah dan klik tombol Create Account. Maka akan diarahkan ke laman Google Adsanse. Klik Get Started.


Maka akan muncul tampilan seperti di atas sesaat sebelum informasi dari Blogger bahwa widged Adsanse telah ditambahkan pada template blog. Klik lanjutkan untuk kembali ke dashboard Blog.


Maka akun Google Adsanse kita akan direview dalam 1x24 jam atau lebih untuk menilai kelayakan Blog dipasang Google Adsanse.


Nah, selesai sudah cara kita mendaftar akun adsanse. 

Sekarang cara selanjutnya adalah Cara Memasang Google Adsanse pada Blog. Berikut caranya:

Masuk menu Tata Letak pada dashboard Blog,kemudian klik tombol tambahkan Gadget. Maka akan muncul jendela baru seperti gambar di bawah. Adsanse biasanya berada pada urutan teratas. Klik tanda + berwarna biru atau klik tulisan Adsanse.


Maka akan muncul halaman konfigurasi. Saya menyarankan pilih format iklan responsif dan berjenis teks dan gambar. Kemudian klik Save untuk menyimpan stelan.


Kemudian kita dapat masuk ke menu Penghasilan dan pilih jenis tampilan iklan dalam blog. Ada tiga pilihan seperti gambar di bawah. Klik yang kalian suka. Kemudian klik tombol Simpan Setelan.


Selesai sudah memasang Google Adsanse pada Blog. Maka akan ada kotak iklan yang terpasang di Blog.


Lho, kok kosong? Itu yang menjadi pertanyaannya kan? Iya, karena blog masih di review oleh Google Adsanse. Jika Google Adsanse menyetujui pengajuan kalian, maka otomatis kotak iklan akan terisi iklan dengan sedirinya. Ditunggu saja ya, dan jangan lupa untuk tetap mengisi konten blog kalian.

Setelah Google Adsanse yang kita daftarkan mendapatkan full approved, saatnya kita menempelkan iklan yang akan kita monetize pada blog. Iklan sebenarnya akan otomatis muncul pada kotak iklan yang kita sediakan. Akan tetapi ada beberapa kasus yang tidak muncul. Atau kita ingin menambahkan iklan pada tampilan blog kita. Berikut cara memasangnya:

Masuk atau login pada Google Adsanse. Pilih menu Iklan > Sub Menu Unit Iklan pada dashboard Google Adsanse seperti tampilan berikut ini:


Klik tombol Unit Iklan Baru maka akan akan muncul tampilan seperti gambar di bawah:


Pada tampilan ini, kita diberikan tiga pilihan dalam menentukan jenis iklan. Yaitu:
  • Iklan teks dan Bergambar : Cara cepat untuk mendapatkan iklan pada halaman blog. Iklan yang tampil berupa teks dan gambar dan lebih direkomendasikan untuk dipasang pada blog.
  • Iklan InFeed : Iklan yang mengalir secara natural dalam daftar artikel atau produk di situs
  • Iklan InArticle : Iklan yang akan tampil pada isi artikel blog yang kita post. Dapat tampil di antara paragraf, atau gambar yang ada pada artikel.
Pilih sesuai dengan yang kita butuhkan dan kita tampilkan pada blog. Kemudian klik tombol Pilih di bawahnya, maka kita akan dialihkan pada tampilan seperti gambar di bawah ini:


Beri Nama dengan nama yang kita sesuaikan dengan penempatan iklan. Hal ini guna mempermudah kita dalam mengontrol iklan saat kita memasang iklan yang beragam. Misalnya iklan samping, iklan artikel atau semacamnya.
Pilih ukuran otomatis responsif agar sesuai dengan tempat yang tersedia.
Klik tombol Simpan dan dapatkan kode


Klik SALIN CUPLIKAN KODE, maka kita sudah mendapatkan kode HTML iklan adsanse. Sekarang kita pasang pada blog kita.


Masuk dashboard blog, pilih menu Tata Letak. Pada pembahasan kita kali ini, kita akan menempatkan iklan pada Sidebar, yang akan muncul pada samping blog. Maka klik tombol Tambahkan Gadged


Maka kita akan dialihkan pada halaman baru seperti gambar berikut:


Pilih HTML/Java Script untuk dapat menempelkan kode HTML iklan pada blog.


Berikan judul, misalnya Adsanse dan paste-kan kode HTML iklan tadi pada konten. Kemudian pilih Simpan
Maka kita akan mendapatkan menu baru pada sidebar, kita bisa mengedit peletakannya dengan men-drag ke atas atau ke bawah sesuai yang kita kehendaki. Pada tutorial kali ini kita meletakan iklan adsanse di antara Translate dan Fans Page.


Kemudian kita simpan dengan klik tombol Simpan Setelan 
Maka kita sudah memasang iklan Google Adsanse pada blog kita. Untuk mengetahuinya, kita dapat membuka blog. 
Pada umumnya, iklan tidak langsung tampil pada blog, menunggu beberapa saat. Kita biarkan blog kita terbuka kurang lebih selama 1-2 menit. Kemudian kita refresh, maka iklan akan tampil pada blog. Iklan yang tampil pada blog Serba Serbi Komputer seperti gambar di bawah ini:


Sesuai dengan pengaturan yang kita terapkan, iklan berada di antara menu Translate dan Fans Page pada sidebar blog. Mudah bukan. Sekarang kalian sudah memiliki iklan yang terpasang pada blog. Dan seiring berjalannya waktu, maka penghasilan dari pemasangan iklan Google Adsanse ini akan meningkat. 

Itu tadi cara daftar dan memasang Iklan Google Adsanse pada Blogspot. Bagi kalian yang ingin bertanya dan berbagi pengalaman, kami persilahkan untuk berdiskusi di kolom komentar. Semoga membantu dan bermanfaat ya.

Load comments