Thursday, September 10, 2020

Cara Menanam Menyemai Biji Caladium / Keladi Hibrid

Cara Menanam atau Menyemai Biji Caladium / Keladi


Pada kesempatan kali ini, Admin Portal Informasi Baru akan berbagi tentang cara menanam biji caladium atau biji keladi hasil silangan om Nugrus Rudi Kristanto, pegiat Caladium asal Semarang. Beliau telah berhasil menciptakan caladium AC Series yang cukup beragam. Warna yang cantik, hingga kolaborasi warna dalam satu daun caladium. Caladium yang sudah go internasional dan banyak dinikmati di berbagai belahan nusantara.

Bulir biji caladium yang mulai rontok


Biji caladium berukuran sangat kecil, kisaran 1 - 2 mm yang terbungkus dalam bulir bulir biji yang tersusun rapi pada tongkol buah caladium. Pada saat matang, biji caladium akan rontok dengan sendirinya. Segera cuci dan keluarkan biji caladium dari bulirnya. Hal ini dikarenakan cairan dalam bulir caladium terasa manis, sehingga dikhawatirkan biji caladium akan dimakan semut atau sejenisnya. 

Bulir biji Caladium


Biji Caladium yang dikeluarkan dari Bulirnya



Biji Caladium, berukuran kecil


Setelah biji keladi ini terpisah dari bulirnya, kita dapat melakukan penjemuran atau cukup diangin-anginkan saja. Atau bisa juga langsung disemai pada media yang telah disiapkan. Media terbaik untuk menyemai biji caladium ini adalah media yang porus, lembut dan gembur. Kita bisa menggunakan media cocopeat atau tanah humus. Bisa juga kita menggunakan media tanam yang dapat kita beli di pasaran.

Cara menyemai biji caladium



Tunas yang sudah tumbuh dari Biji



Tunas yang sudah subur dan mulai berwarna





Kita bisa menyemai biji caladium pada kotak semai atau semacamnya. Semai biji caladium secara berjajar dengan jarak yang tidak begitu berdekatan. Setelah selesai, tabur tipis tipis cocopead atau tanah humus di atasnya. kemudian siram lembut hingga media basah. Kita bisa melakukan penyungkupan / pemberian sungkup atau cukup ditempatkan pada tempat yang teduh dan terhindar dari sinar matahari. Tunggu hingga tunas-tunas baru bermunculan. Biasanya dalam kurun waktu 1 hingga 2 minggu setelah penyemaian. 


Demikian tadi cara menanam atau menyemai biji caladium / keladi yang dapat Admin bagikan. Tulisan ini dikembangkan dari tulisan berikut: https://www.facebook.com/groups/262884580765139/1097482793971976 Dan sudah mendapatkan ijin dari om Nugrus Rudi Kristanto.

Semoga bermanfaat. Salam.


Pencarian Terkait:

  • Cara Menanam Biji Caladium
  • Cara Menanam Biji Keladi
  • Cara Menyemai Biji Caladium
  • Cara Menyemai Biji Keladi
  • Biji Caladium
  • Biji Keladi
  • Caladium Hibrid
  • Keladi Hibrid

Load comments