Friday, November 9, 2018

Cara Membuat Laman Privacy Policy Blogger untuk Google Adsense

Cara Membuat Privacy Policy -

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas cara membuat laman privacy policy blogger untuk Google Adsense. Tetapi sebelum kita memasangnya, perlu kita ketahui terlebih dahulu pengertian dan fungsi privacy policy ini. Simak penjelasan di bawah ini.

Privacy policy atau yang lebih familiar disebut kebijakan privasi adalah dokumen hukum yang menjelaskan tentang bagaimana informasi di dalam blog dikelola oleh pemiliknya. Privacy policy ini memuat tentang contack blog, log files, pengelolaan informasi yang diperoleh dari pengunjung blog, advertiser iklan blog hingga advertising partners. 



Privacy policy ini merupakan salah satu syarat yang semestinya dibuat dalam sebuah halaman blog untuk dapat menjalin kerjasama dengan Google Adsense. Google Adsense adalah salah satu advertiser iklan terbesar di dunia yang dapat menjalin kerjasama dengan pemilik blog. Pemilik blog dapat menjadikan Google Adsense ini sebagai advertising partners, sehingga pada akhirnya blog dapat menghasilkan uang dengan menempatkan iklan google adsanse di dalamnya. 

Privacy policy ini sebenarnya dapat kita buat sendiri dengan bahasa kita sendiri. Akan tetapi karena ada ketentuan yang lebih mengikat dari berbagai pihak, maka kemudian muncul ketentuan yang lebih baku dan menghasilkan situs yang menyediakan layanan pembuatan privacy policy ini. Kita akan lebih mudah untuk membuat privacy policy dengan mengunjungi situs yang menyediakan layanan ini, tanpa repot membuatnya sendiri.


Untuk membuat laman privacy policy, kita perlu terlebih dahulu untuk membuat laman kontak atau laman contact us. Untuk membuatnya, dapat dibaca di sini: Cara Membuat Layanan Contact Us di Blog

Untuk membuat Privacy policy ini langkahnya sangat mudah dan gratis, mari kita bahas caranya berikut ini:

Kunjungi tools penyedia layanan Privacy Policy ini:

http://www.privacypolicyonline.com/
Maka akan dialihkan pada halaman Privacy Police Online, dan tampilannya seperti gambar di bawah ini:





Pada halaman di atas, kita perlu mengisikan beberapa kolom, diantaranya:

Your Site Title : Isikan dengan nama blog teman-teman. Misal: Serba Serbi Komputer
Your Site URL : Isikan dengan URL blog utama teman-teman
Contact Link : Isikan dengan link kontak yang teman teman buat pada blog. Apabila teman-teman belum membuatnya, bisa dilihat di sini: Cara Membuat Layanan Contact Us di Blog
Email Address : Isikan dengan email blog teman-teman
Email Encryption : Pilih Encrypt Email with HTML
Cookies : Pilih Yes. Yes. My site uses cookies.
Advertisers on your site : Seleksi semuanya, atau pilih sesuai yang dikehendaki. Untuk Google Adsanse, pastikan berikan ceklist pada pilihan advertiser ini.


Pada pilihan Generate ini, ada dua pilihan yaitu Generate Policy dan Generate HTML.

Generate Policy

Jika kita memilih ini, maka kita akan langsung mendapatkan Privacy Policy. Kita dapat langsung mengcopikan mode compose pada laman blogger.




Generate HTML

Jika kita memilih ini, maka kita akan mendapatkan Privacy Policy dalam bentuk HTML. Saya lebih menyarankan untuk menggunakan HTML ini. Karena saat kita copikan dalam laman blog kita, maka akan lebih mencakup secara keseluruhan.


Copy semua code Privacy Policy.

Kita sudah memiliki privacy policy seperti contoh di atas.
Sekarang kita pasang pada Laman blog yang kita miliki. Caranya seperti berikut ini:


Buka Halaman pada dashboard blog, pilih halaman baru



Maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini:


Pada halaman ini, kita memiliki dua pilihan. Untuk yang menggunakan generate policy, kita dapat mengcopikan pada mode compose. Ketika kita menggunakan Generate MTML, kita menggunakan mode HTML.

Berikan judul Privacy Policy
Pastekan kode HTML Privacy Policy
Kemudian klik Publikasikan

Setelah Privacy Policy terpublis di blog, sekarang teman-teman tinggal memasang Privacy Policy pada Menu blog.
Caranya sebagai berikut:

Pada halaman Privacy Policy, klik Lihat agar kita bisa melihat tampilan Privacy Policy pada blog. Kemudian kita copy URL nya.




Masuk ke Tema pada daskboard Blog dan pilih Edit HTML


Cari class='menu' dengan menekan CTRL + F pada keyboard
Tambahkan satu menu di antara pilihan menu blog kalian dengan scrip di bawah ini:

href='LinkPrivacyPolicyBlogKalian'>PrivacyPolicy

Ganti yang berwarna merah dengan link/URL Privacy Policy milik kalian. Kemudian simpan Tema.
Kita cek pada tampilan blog kita, jika berhasil maka akan muncul menu baru yaitu Privacy Policy seperti contoh di bawah ini:




Pada blog Serba Serbi Komputer, saya meletakan menu Privacy Policy ini diantara Disclaimer dan Kontak.

Sekarang kita telah memiliki halaman Privacy Policy yang dapat kita temukan dengan tombol menu Privacy Policy. Laman Privacy Policy ini salah satu pra-syarat untuk menjalin kerja sama dengan Google Adsense. Selain laman Privacy Policy ini, kita juga perlu membuat laman Disclaimer sebagai syarat bekerjasama dengan Adsense. Caranya dapat dibaca pada link berikut ini: Cara Membuat Laman Disclaimer Blogger untuk Google Adsense



OK, demikian Cara Membuat Laman Privacy Policy Blogger untuk Google Adsense yang dapat Portal Informasi Baru bagikan. Lengkap dengan cara menempelkan pada laman blogger hingga kita munculkan pada tombol menu di blog. Semoga membantu dan bermanfaat bagi kita semua. Bagi sahabat Portal Informasi Baru yang ingin menambahkan, bertanya, dapat berdiskusi pada kolom komentar yang tersedia di bawah ini. Salam..

Load comments