Wednesday, July 24, 2019

Obyek Wisata Magelang Taman Manohara

Wisata Magelang, Taman Bunga Manohara

Anda yang pernah berkunjung ke Magelang Jawa Tengah, tentu sudah mengetahui banyak tempat wisata yang berada di sana. Siapa yang tidak tahu wisata Borobudur Magelang? Pasti tahu kan, Borobudur merupakan salah satu situs keajaiban dunia yang telah diakui dunia. Bagi yang ingin berwisata ke Magelang, maka jangan lewatkan taman bunga yang satu ini. Taman bunga Manohara. Taman bunga Manohara ini menawarkan pemandangan taman bunga warna warni dengan background gunung Sumbing dan Sindoro di bagian barat. Tempat wisata di Magelang ini termasuk tempat wisata yang baru dan hits, dan terletak tidak jauh dari pusat kota Magelang. Maka jika anda berkunjung ke Magelang, tidak ada salahnya bila berkunjung di taman bunga Manohara ini.


Bagi anda para traveller yang suka berburu spot foto yang instagramable, cantik dan indah, bisa memilih taman bunga Manohara sebagai tempat tujuan wisata. Para pengunjung dapat menikmati taman bunga yang indah ini sepuasnya. Mengambil foto yang menarik, kemudian bisa dipamerkan ke media sosial para traveller semua. Untuk bisa sampai ke taman bunga Manohara, anda hanya menempuh perjalanan sekitar 20 menit dari pusat kota Magelang. Perjalanannya pun sangat mudah dan nyaman. Anda dapat menikmati pemandangan persawahan dan pemukiman penduduk di sekitar jalan menuju taman bunga Manohara ini.

Baca: Film yang Menginspirasi untuk Backpacker Keliling Dunia

Pemandangan yang cantik

Hal yang anda peroleh di tempat wisata taman bunga Manohara ini adalah pemandangan yang sungguh sangat indah. Para pengunjung dapat menikmati hamparan taman bunga warna warni dengan background gunung Sumbing dan Sindoro di bagian barat. Dibagian timur, para pengunjung juga dapat melihat gunung Merbabu dan gunung Merapi yang berjajar bersebelahan. Kami sarankan agar datang ke taman bunga Manohara ini pada pagi hari atau sore hari. Pada pagi hari, anda dapat menikmati sunrise yang muncul dari balik gunung Merbabu. dipadukan dengan keindahan taman, maka anda dapat mengambil foto yang sunggung sangat indah. Dan pada sore harinya, anda dapat menikmati keindahan taman bunga Manohara dengan background sunset yang tenggelam di antara Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro. Di taman bunga Manohara ini anda juga dapat menemukan replika Ka'bah yang berada tepat di tengah-tengah taman.

Mendapatkan Foto yang Indah

Hal yang pasti dilakukan oleh para traveller adalah mengabadikan moment ketika berwisata. Hal ini dilakukan untuk meninggalkan jejak kenangan yang suatu saat nanti mudah untuk diingat dan dikenang. Di taman bunga Manohara ini, anda dapat mendapatkan foto yang indah. Anda dapat berfoto di taman merah-kuning-hijau ini dengan banyak background menarik. Diantaranya background pemandangan gunung Merbabu dan Gunung Sindoro, background Gunung Merbabu dan Gunung Merapi, background persawahan yang terhampar di sekitar taman, dan beberapa sport pilihan yang telah disediakan di taman bunga Manohara ini. Salah satunya adalah replika Ka'bah dan Kapal Nabi Nuh.

Udara yang bersih dan sejuk

Bagi anda yang tinggal di kota besar, tentu penat dengan udara yang tercemar polusi yang membuat nafas kurang nyaman. Di taman bunga Manohara ini, anda dapat menikmati udara yang sangat bersih dan sejuk. Lokasi yang berada di perdesaan dengan pepohonan yang rimbun, sangat kaya oksigen yang sangat diperlukan oleh tubuh. Lokasi yang cukup jauh dari jalan raya, juga menjadikan taman bunga Manohara ini bebas tercemar dari asap kendaraan. 

Melihat Pemandangan Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro

Di taman bunga Manohara, anda dapat melihat indahnya gunung Sumbing dan Gunung Sindoro yang berjajar Gagah di sebelah barat taman. Pemandangan ini menambah keindahan, apalagi bila disandingkan dengan sunset. Akan menciptakan pemandangan yang sangat indah dan luar biasa. Anda dapat mengambil foto dengan latar taman bunga yang berwarna warni, kemudian memiliki background gunung Sumbing dan gunung Sindoro yang gagah berjajar, dihiasi langit jingga yang menawan, tentu akan menghasilkan foto yang sangat mempesona. Untuk anda yang hobi dengan fotografi, gergelut dengan instagram maupun media sosial lainnya, maka taman bunga Manohara ini kami rekomendasikan untuk anda.

Melihat Pemandangan Gunung Merbabu dan Gunung Merapi

Jika disebelah barat kita bisa melihat keindahan gunung Sumbing dan Gunung Sindoro, maka pada sebelah timur taman Manohara kita bisa melihat gagahnya Gunung Merbabu dan Gunung Merapi. Bagi anda yang tidak sempat berkunjung di sore hari, maka pagi hari menjadi alternatif menarik untuk menikmati wisata taman Manohara ini. Anda dapat melihat pemandangan gunung Merbabu dan Gunung Merapi yang terlihat berhimpitan. Bagi anda yang suka dengan fotografi, anda dapat mengambil gambar taman warna warni dengan background kedua gunung ini. Akan lebih indah lagi jika diambil saat matahari mulai muncul dari balik gunung Merbabu. Silahkan anda buktikan sendiri.

Lokasi Taman Bunga Manohara


Taman bunga Manohara berlokasi di Dusun Clapar, Desa Purwodadi, Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang. Atau sebelah timur laut dari pusat kota Magelang. Taman bunga Manohara ini terletak persis di belakang Kantor Desa Purwodadi. Anda dapat masuk lokasi melalui jalan yang berada di sebelah timur kantor desa yang terdapat gapura masuk taman. Ada banner besar bertuliskan Selamat datang di taman Manohara.

Back to Content ↑

Rute Menuju Taman Bunga Manohara


Untuk menuju taman bunga Manohara ini tidaklah sulit. Jika anda berapa di pusat kota Magelang, anda dapat melawati 2 jalan yang berbeda. 

Untuk jalan yang pertama, anda dapat mengambil jalan Magelang - Kopeng sampai dengan STPP (Sekolah Tinggi Penyuluh Pertanian) yang berada di sebelah kiri jalan. Anda kemudian belok kiri menuju Dusun Karanglo, kemudian ambil kanan hingga melewati Dusun dan sampai di pertigaan jalan raya Clapar - Mayongan. Anda kemudian belok kiri menuju dusun Clapar, mentok hingga pojok dusun maka anda akan bertemu dengan kantor Desa Purwodadi. Tepat sebelum kantor desa, ada gapura masuk taman di sebelah kiri. Maka anda sudah sampai ditujuan.

Untuk jalan yang kedua, anda dapat mengambil jalan Magelang - Semarang hingga lampu merah Menowo. Anda kemudian belok kanan hingga pertigaan Sindas. Sesampai pertigaan Sindas, anda belok kanan lagi hingga pertigaan Dusun Tumbu. Ambil kanan lagi dan ikuti jalan dusun tersebut, maka anda langsung dapat menemukan kantor desa Purwodadi tepat dihadapan anda. Gerbang taman juga tepat berada di hadapan anda.
Back to Content ↑

Peta Taman Bunga Manohara




Back to Content ↑

Harga Tiket Taman Bunga Manohara


Pada saat berkunjung di taman Manohara, admin memperoleh tiket dengan harga Rp. 10.000,- untuk 1 orang dewasa. Untuk anak-anak dibawah 5 tahun, tidak dikenakan biaya masuk taman. Kemudian untuk biaya parkir, pihak pengelola memberikan tarif parkir untuk sepeda motor sebesar Rp. 2.000,- dan mobil sebesar Rp. 5.000,-

Back to Content ↑

Fasilitas Taman Bunga Manohara


Fasilitas di taman bunga Manohara termasuk masih sederhana. Diantaranya adalah warung makan sederhana di sekitar taman, toilet sederhana di dekat tempat pembelian tiket, sport foto taman, sport foto replika Ka'bah di tengah-tengah taman, sport foto kapal kayu Nabi Nuh di bagian barat taman. Taman bunga Manohata ini belum memiliki mushola untuk tempat beribadah. Tetapi anda dapat menemukan Masjid di sebelah timur Kantor Desa Purwodadi.

Back to Content ↑

Galeri Foto Taman Bunga Manohara


Berikut beberapa hasil foto taman yang admin peroleh saat berkunjung di taman bunga Manohara.
Back to Content ↑

Load comments