Wednesday, August 21, 2019

Cara Mudah Beternak Burung Kenari

Cara Mudah Beternak Burung Kenari -

Burung kenari termasuk dalam burung yang sangat digemari di Indonesia. Mulai dari pecinta burung rumahan yang menjadikan burung kenari sebagai pengisi kicauan di beranda, hingga pecinta burung lomba yang menjadikan burung kenari sebagai burung kontes atau burung lomba. Sehingga beternak kenari mempunyai nilai benefit yang cukup menjanjikan untuk dilakoni karena sangat banyak peminat dan penikmat kicau burung cantik ini.
Beternak burung kenari sangat mudah. Kenapa demikian? Karena admin juga merupakan seorang peternak kenari di Magelang. Sehingga dari pengalaman yang didapat, admin dapat menyimpulkan bahwa beternak kenari sangat mudah. Anda semua dapat melakukannya, meskipun hanya mempunyai waktu senggang yang tidak lama.
Secara umum, beternak kenari dalam berbagai jenis mempunyai perawatan dan cara yang sama. Tidak membedakan cara dalam beternak kenari YS, cara beternak kenari Scottfancy, cara beternak kenari F1, cara beternak kenari AF maupun cara beternak kenari lokal super ataupun lokal. Semuanya mempunyai perawatan yang relatif sama.
Nah, bagi anda yang mulai tertarik untuk beternak kenari, admin akan berbagi pengalaman tentang Cara Mudah dan Cepat Beternak Burung Kenari berikut ini. Yuk simak.

Cara Ternak Kenari Pemula, Tips Mudah Cara Beternak Kenari

Cara Ternak kenari Agar Cepat Bertelur, 4 Sebab Kenari Tidak Mau Bertelur dan Cara Mengatasinya

Cara Mudah dan Cepat Beternak Kenari


1. Siapkan Tempat Beternak dan Kandang Ternak

Langkah pertama dalam beternak kenari adalah menyiapkan tempat untuk beternak dan kandang ternak. Jangan sampai kita membeli burung kenari, tetapi bingung mau ditaruh dimana karena belum ada kandangnya. Perlu diperhatikan juga untuk metode yang akan digunakan dalam beternak kenari. Akan menggunakan cara ternak kenari di sangkar harian, cara ternak kenari di sangkar batre atau cara ternak kenari koloni. 
Untuk cara ternak kenari di sangkar harian atau cara beternak kenari di sangkar gantung, kita memerlukan sebuah ruangan untuk meletakan sangkar harian tanpa perlu untuk dibuat sebuah kandang yang besar. Kita bisa menggunakan tembok teras belakang sebagai tempat meletakan sangkar ternak harian. Atau kita juga bisa menggunakan sebuah ruangan seperti kamar dan sebagainya. Untuk cara ternak kenari di sangkar harian ini kita membutuhkan sangkar harian sebagai sangkar ternak dan tempat untuk meletakan sangkar.
Untuk cara ternak kenari di sangkar batre, kita membutuhkan sangkar batre yang biasanya sudah tersusun dalam beberapa kandang. Biasanya ada 4 kandang sampai 10 kandang dalam satu sangkar batre. Kita juga memerlukan tempat meletakan sangkar batre ini seperti pojok ruangan atau bisa juga di teras belakang rumah.
Untuk cara ternak kenari koloni, kita membutuhkan suatu ruangan yang kita tutup menjadi sebuah sangkar yang besar. Atau kita juga bisa membuat sangkar yang besar dengan menggunakan kawat strimin. Cara ternak kenari koloni ini menyatukan beberapa kenari dalam satu kandang yang besar.

2. Memilih Indukan Kenari Yang Baik

Cara Memilih Indukan Kenari Jantan

Pilih indukan jantan yang sehat dan rajin berkicau. Mempunyai postur yang bagus, badan memanjang seperti wortel terbalik, kaki panjang atau jingkring, warna cerah, tidak dalam kondisi ganti bulu dan pastikan sudah cukup umur untuk dijadikan sebagai pejantan. Pilih kenari jantan dengan usia di atas 8 bulan.
Induk Kenari Jantan jenis Scottfancy foi 18 koleksi AFFA Canary Farm Magelang

Cara Memilih Indukan Kenari Betina

Untuk indukan betina, admin menyarankan untuk mencari kenari betina yang besar. Karena kenari besar akan menghasilkan telur yang besar, dan anakan juga akan lebih berpeluang menjadi besar ,dibanding dengan kenari betina kecil. Pilih indukan kenari betina yang sehat, berpostur bagus, berwarna cerah dan tidak dalam keadaan ganti bulu. Pilih kenari betina yang sudah siap bertelur ditandai dengan bulu perut yang sudah bersih dan kemaluan kemerahan, perut tidak berlemak dan kenari bergerak lincah.
Induk kenari betina jenis F2 YS koleksi AFFA canary farm Magelang

3. Menjodohkan dan Mengawinkan Kenari

Menjodohkan dan mengawinkan kenari pada sangkar ternak atau sangkar batre


Dalam menjodohkan dan mengawinkan kenari, pastikan induk jantan dan induk betina sudah siap dan birahi. Ciri pejantan kenari birahi adalah rajin berbunyi, jika bertemu dengan betina kenari maka kenari jantan akan berkicau sambil mengejar kenari betina. Sedangkan ciri kenari betina birahi adalah suka tidur di sarang, membuat sarang (bunderi), dan jika mendengar suara kenari jantan mengangkat ekor (ngleper). Selain itu bulu sekitar perut bersih, perut lebih berisi dan kemaluan kemerahan.
Jika kenari jantan dan kenari betina sudah birahi dan siap untuk dikawinkan, maka kita dapat mengawinkan kenari. Letakkan sangkar kenari jantan dan kenari betina berdekatan. Biarkan beberapa saat dan amati tingkah laku kenari. Jika kenari jantan berkicau seperti ingin mengejar kenari betina dan kenari betina mengangkat ekornya (ngleper) maka kedua kenari dapat disatukan dalam sangkar kenari betina. Biasakan jangan ditangkap ya. 
Cara memasukkan kenari jantan ke sangkar kenari betina adalah dengan cara menempelkan kedua pintu sangkar dan dibuka. Sehingga sangkar kenari jantan dan kenari betina dapat terhubung. Kemudian kenari jantan digiring perlahan untuk masuk ke sangkar kenari betina. Jika hal ini sudah menjadi kebiasaan, maka biasanya kenari jantan akan langsung masuk ke kandang kenari betina ketika pintu kandang dibuka.
Setelah kenari jantan dan kenari betina dalam satu sangkar, maka biasanya akan segera melakukan perkawinan. Biarkan hal ini terjadi selama kurang lebih 20-30 menit. Jika sudah 30 menit, pisahkan kenari jantan dan kenari betina. Ulangi hal ini sehari 2 kali, pagi dan sore.
Mungkin ada pertanyaan kenapa kok dipisah, dan tidak dibiarkan menjadi satu sampai kenari betina bertelur? Ada beberapa alasan untuk melakukan pemisahan setelah perkawinan ini. 
Alasan pertama, agar kenari jantan terjaga birahinya. Sehingga ketika kenari jantan dijadikan satu dengan kenari betina, kenari jantan akan langsung mengawini kenari betina. Jika terlalu lama dijadikan satu dengan kenari betina, maka kenari jantan akan sesuka hati mengawini kenari betina. Terkadang membutuhkan waktu lama agar kenari jantan mau kawin.
Alasan kedua, agar kenari jantan dapat digunakan untuk mengawini kenari betina yang lain. Admin menggunakan teknik ini. Sehingga satu pejantan kenari dapat digunakan untuk mengawin 6 hingga 8 induk kenari betina.

Menjodohkan dan mengawinkan kenari untuk cara ternak kenari koloni

Dalam ternak kenari koloni, kenari jantan dan kenari betina akan jodoh dan kawin dengan sendirinya. Hal ini dikarenakan kita mengkoloni beberapa induk kenari betina dan kenari jantan. Misalnya dalam satu kandang koloni kita menempatkan 10 kenari betina dan 2 kenari jantan. Maka kenari jantan akan jodoh dan mengawini kenari betina yang biasanya sudah birahi dan siap bertelur.

4. Masa Bertelur dan Pengeraman

Setelah melakukan perkawinan, dalam waktu 2 hingga 4 hari maka kenari betina akan bertelur. Indukan kenari yang bagus biasanya akan bertelur sebanyak 4 butir. Biarkan kenari bertelur dan mengerami telurnya. Jaga kebersihan kandang dan asupan pakan yang baik. Pada usia pengeraman hari kelima dari telur terakhir kenari, kita dapat mengetahui isi atau tidaknya telur kenari. Caranya kita ambil telur kenari dan kita senter. Jika ada seperti benang merah di dalam telur, maka kenari isi dan biarkan dierami. Ciri telur kenari isi adalah terdapat benang-benang merah di dalam telur, atau pada usia telur yang lebih dari 10 hari biasanya tidak tembus disenter (gelap). Sedangkan ciri telur yang tidak isi atau tidak berhasil dibuahi adalah berwarna bening atau terdapat kuning telur seperti membeku.
Pada masa pengeraman, yang paling utama dilakukan adalah memastikan ketersediaan pakan dan air minum yang cukup. Hal ini dikarenakan induk kenari betina akan turun dari sarangnya (turun mengeram) dalam waktu yang tidak tentu. Jadi pastikan ketika induk kenari betina turun dari sarang, air minum dan pakan tersedia. Tambahkan extra fooding (EF) seperti Cede Kenari. Untuk air minum, admin menyarankan agar tidak terlalu banyak atau penuh. Berikan air minum secukupnya saja. Karena jika terlalu banyak, maka biasanya kenari betina akan mandi dan akan mempengaruhi hasil dari pengeraman.

5. Menetas dan Meloloh anakan

Setelah menetas, maka induk kenari betina akan meloloh anakannya. Yang perlu kita lakukan adalah memberi asupan pakan dan minum beserta menjaga kebersihan kandang. Pada usia 1 – 15 hari, berikan kenari dengan pakan biji-bijian didampingi dengan telur puyuh rebus dan cede kenari. Menu telur puyuh wajib ada setiap hari. Jika habis, ganti dengan yang baru. Kemudian pada usia anak atau piyik kenari di atas 15 hari, kita bisa memberikan jagung atau sawi. Dan pada usia 30 hari biasanya kenari anakan sudah mandiri dan bisa makan sendiri.
Kenapa pada usia 1 – 15 hari tidak diberikan jagung atau sayur yang lain? Ada beberapa alasan yang admin lakukan berdasarkan dengan pengalaman selama beternak kenari. Pada usia 1 hingga 15 hari, anak atau piyik kenari mempunyai tingkat kemampuan pencernaan yang berbeda. Ada yang siap dengan segala jenis makanan, tetapi ada juga yang sensitif terhadap makanan dingin dan banyak air seperti sayur. Untuk amannya, maka admin menyarankan untuk hanya memberikan telur puyuh rebus.

6. Masa Pemisahan Piyik Kenari

Setelah mandiri dan bisa makan sendiri, maka piyik kenari dapat dipisah dari induknya. Pisahkan piyik kenari ke dalam sangkar harian secara berkoloni. Berikan pakan biji-bijian dengan didampingi telur puyuh dan EF lain seperti sayur dan jagung. Cede kenari biarkan tetap ada. Biarkan kenari piyikan ini berkoloni dalam beberapa hari sambil kita amati perkembangannya. Kita juga bisa menyeleksi kenari berdasarkan jenis kelaminnya, karena pada usia ini jenis kelamin kenari sudah bisa diketahui. Pisahkan piyik kenari jantan dalam kandang tersendiri, dan sudah bisa dilakukan pemasteran. Misalnya ditempel atau didekatkan dengan burung master seperti blacktroath atau sanger. Untuk piyik kenari betina, biarkan berkoloni hingga siap untuk dijual atau dijadikan induk baru.

7. Masa Pemasteran

Piyik kenari jantan dapat dipisahkan dalam sangkar harian dan dilakukan pemasteran. Kita dapat menggunakan burung master seperti blacktroath, sanger atau kenari jantan lain yang sudah rajin berbunyi. Kita juga dapat melakukan pemasteran dengan menggunakan audio seperti MP3 dan sejenisnya.

Kesimpulan:

Beternak burung kenari terbilang cukup mudah untuk dilakukan. Ada beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan dalam membudidayakan burung berkicau ini. Yaitu menyiapkan tempat beternak dan kandang ternak kenari, memilih indukan kenari yang baik, menjodohkan dan mengawinkan kenari, masa bertelur dan pengeraman, masa menetas dan meloloh anakan kenari, masa pemisahan atau penyapihan piyik kenari dan masa pemasteran anak kenari.
Demikian cara mudah beternak burung kenari yang dapat admin bagi berdasarkan pengalaman pribadi lebih dari 2 tahun beternak burung kenari. Semoga dapat membantu anda dalam beternak burung kenari dan menambah wawasan terkait dunia burung kenari. Semoga bermanfaat.
Salam burung kenari.

Load comments