Wednesday, August 28, 2019

Cara Ternak Kenari Untuk Pemula, Tips Mudah Cara Beternak Kenari

Cara Ternak Kenari Pemula dan Tips Mudah Beternak Kenari-

Sekarang, banyak sekali peternak kenari yang berkembang di Indonesia. Mulai dari peternak kenari pemula hingga peternak kenari yang sudah mempunyai farm yang sudah terkenal di Indonesia. Hal ini dikarenakan cara beternak kenari sangat mudah untuk dilakukan oleh siapa saja. 

Induk Jantan Scottfancy koleksi Affa Canary Magelang

Bagi anda yang akan beternak kenari ataupun peternak kenari pemula, perlu memperhatikan beberapa hal berikut yang akan admin jelaskan dalam Tips mudah cara ternak Kenari pemula. Hal ini akan menunjang keberhasilan kita dalam ternak burung kenari. 




Tips mudah cara ternak kenari pemula 

Berdasarkan pengalaman admin bertahun-tahun ternak kenari



Pertama, pilih kenari jantan dan betina yang siap untuk dikawinkan.

Belilah kenari jantan yang sudah gacor dan siap untuk dikawinkan dengan betina. Pilih kenari jantan dengan usia di atas 8 bulan. Pilihlah kenari yang sehat, mempunyai postur tubuh yang baik (tubuh seperti wortel dibalik), rajin berkicau, tidak dalam kondisi mabung atau ganti bulu. Terlebih belilah kenari jantan yang sudah digunakan untuk mengawin dan telur betina yang dikawin isi. Anda dapat membeli pejantan kenari ini di peternak kenari.

Belilah kenari betina yang sudah birahi, bulu disekitar perut sudah bersih. Biasanya kenari betina ini berusia di atas 8 bulan. Pilihlah kenari yang sehat, tidak cacat, postur bagus, tidak dalam kondisi mabung atau ganti bulu, tidak berlemak, dan burung birahi. Anda dapat membeli betina burung di peternak kenari yang sudah terpercaya.

Kedua, berikan pakan yang baik dan dampingi dengan Extra Fooding (EF) sayur dan telur puyuh rebus

Pakan yang baik akan menunjang perkembangan dan pertumbuhan kenari secara baik. Baik dalam segi fisik ataupun segi reproduksi. Burung kenari dapat diberikan pakan biji-bijian sebagai makanan hariaannya seperti canary seed, biji sawi, biji niger, millet dan pakan biji-bijian sejenis. Kita dapat membeli pakan biji-bijian ini dalam bentuk pakan kemasan pabrikan yang banyak tersedia di toko pakan ternak burung di sekitar kita. Pemberian EF seperi sayur akan menyediakan kebutuhan vitamin bagi burung kenari. Telut puyuh rebus memberikan suplay protein dan kalsium yang bagus untuk membantu pembentukan telur pada induk kenari betina. Selain itu juga akan meningkatkan birahi pada kedua induk kenari. Untuk kenari yang meloloh anakan, telur puyuh rebus sangat dianjurkan untuk diberikan setiap hari. Karena telur puyuh mudah dicerna oleh piyik kenari dan mengandung gizi yang baik untuk perkembangan dan pertumbuhan kenari.

Ketiga, rawatlah dalam kandang harian ataupun kandang ternak

Hal ini berguna untuk memudahkan dalam penjemuran dan penjodohan kenari. Dengan kandang harian, kita mudah untuk meletakan kandang dimana saja. Seperti saat dijemur, dijodohkan ataupun nanti ditempatkan pada saat bertelur dan mengeram. Selain itu kita juga mudah dalam mengontrol ketersediaan pakan dan kebersihan kandang kenari. Hal yang perlu ada dalam kandang ternak kenari betina adalah tempat pakan dan minum, tempat EF, tulang sotong, tempat untuk bertelur kenari bisa dari tempurung kelapa atau tempat lain yang biasanya dijual di toko pakan burung, serat nanas atau kapas dan koran sebagai sarang tempat burung kenari bertelur, tangkringan. Dengan menempatkan dalam kandang harian atau kandang ternak, kita lebih mudah untuk memantau kondisi dan perkembangan kenari yang kita pelihara.

Keempat, jemur kenari secara rutin

Hal ini berguna untuk memberikan sinar matahari yang cukup bagi burung kenari. Selain menghangatkan, sinar matahari di pagi hari juga mengandung vitamin D yang baik untuk perkembangan kenari. Selain itu juga sebagai antisipasi induk burung kenari betina agar tidak berlemak, menambah birahi burung kenari dan menjaga kesehatan burung kenari. Penjemuran juga berfungsi untuk membunuh beberapa kuman atau bakteri jahat yang ada di kandang ternak kenari. Sehingga selain kebersihan yang terjamin, kesehatan burung kenari juga akan lebih baik.

Kelima, kawinkan burung kenari 3 kali sehari

Kawinkan kenari paling tidak 3 kali dalam sehari. Misalnya di pagi hari, siang hari dan sore hari. Jadikan kenari jantan dan kenari betina pada kandang kenari betina kisaran 15 – 30 menit. Biasanya kenari akan melakukan 4-8 perkawinan. Setelah 30 menit, pisahkan kembali induk kenari jantan dan induk kenari betina. Pemisahan ini berfungsi untuk menjaga birahi kedua burung kenari, sehingga saat mereka disatukan kembali maka akan segera melakukan perkawinan. Biasanya setelah 2-4 hari induk kenari betina akan bertelur.

Keenam, tempatkan sangkar kenari di tempat yang tenang dan aman dari predator dan hewan lain

Hal ini penting untuk dilakukan, karena burung kenari butuh tempat yang tenang dan aman untuk mengerami telurnya. Jauhkan dari tempat yang terlalu bising, dan amankan kandang dari hewan seperti tikus, cicak dan semut. Untuk menjaga kandang dari gangguan cicak dan semut, kita bisa menggunakan kapur semut yang digoreskan berkeliling ditembok tempat sangkar berada. Dan untuk menjauhkan dari gangguan tikus, kita bisa menempatkan di tembok yang halus (sudah di semen) sehingga tikus tidak bisa memanjatnya. 

Ketujuh, konsisten merawat burung kenari

Ketika kita konsisten merawatnya, maka burung kenari yang kita pelihara akan merasa nyaman. Dengan demikian siklus reproduksinya akan tetap normal dari perkawinan, bertelur, mengeram, meloloh hingga pemisahan anak akan berjalan dengan baik. Ketika kita mengetahui siklus indukan dengan baik, maka kita dapat mengoptimalkan induk kenari untuk menghasilkan piyikan yang kita harapkan. 

Kesimpulan:

Cara ternak kenari pemula sangatlah mudah untuk diaplikasikan oleh siapa saja. Karena ternak burung kenari memang sangat mudah untuk dikerjakan. Dengan sepasang burung kenari kita bisa memulai beternak kenari. Terpenting, kita mengatahui cara melakukannya sesuai dengan penjelasan yang telah diuraikan di atas. Mulai dari kita memilih indukan jantan dan betina, makanan yang harus diberikan, perawatan dalam kandang ternak dan penempatan kandang, penjemuran, mengawinkan kenari hingga masa bertelur, mengeram dan meloloh anakan. Setelah kita melewati semua fase tersebut, maka kita akan paham dengan pola reproduksi burung kenari. Sehingga kita dapat mengoptimalkan ternak burung kenari dan mendapatkan hasil sesuai dengan yang kita harapkan. Kunci dari semuanya adalah, konsistensi kita dalam merawat burung kenari yang kita ternakan. Dengan cara yang konsisten, maka siklus kenari akan berjalan dengan baik dan teratur. Kita akan lebih mudah dalam mengembangbiakan burung kicau yang cantik ini.

Demikian cara ternak kenari pemula yang kami rangkum dalam Tips Mudah Cara Beternak Kenari . Hal ini kami bagikan berdasarkan pengalaman pribadi admin dalam menggeluti dunia ternak burung kenari ini. Pertanyaan dan tambahan dengan senang hati akan admin terima, dan kami persilahkan untuk berdiskusi dalam kolom komentar di bawah postingan yang telah tersedia. Semoga bermanfaat. Salam.

Load comments